Get Adobe Flash player

Gerakan Makassar Berkarya

Perkenalkan Pariwisata lewat Tulisan PDF Print

WALI Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengukuhkan sebanyak 50 siswa SMA untuk menjadi duta Gerakan Makassar Berkarya (GMB) 2012 di lantai V Baruga Telkomsel Pamasuka, Kamis (6/9).
Pengukuhan dihadiri Head of Area Telkomsel Pamasuka Group Bona LP Parapat,Head of Marketing Telkomsel Pamasuka Hendro T Cahyo, Kadis Pariwisata Makassar Rusmayani Majid,serta jajaran manajemen Telkomsel lainnya.

Program ini hadir untuk membantu Pemkot Makassar dalam melakukan promosi melalui karya tulisan yang dilakukan pelajar,makanya, sebelum menentukan 50 duta, dilakukan seleksi terhadap 250 siswa yang berasal dari lima sekolah yakni,SMAN 18 Makassar,SMAN 21 Makassar SMAN 13 Makassar, SMA/SMK Trisakti Makassar, serta SMA/SMK Nurkarya Tidung.


Kegiatan ini digagas atas kerja sama Telkomsel melalui program Telkomsel School Community (TSC), Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel dan Lingkar Penulis Pariwisata (LPP). Program perdana yang digelar dengan mengangkat tema “Ayo Abadikan Kampungmu” memberikan edukasi kepada siswa-siswi bagaimana belajar menulis melalui program klinik penulisan,tentang keindahan dan potensi pariwisata yang ada di Sulsel.

Kegiatan ini menjadi aksi terpadu yang meliputi pendidikan penulisan di sekolah-sekolah,aksi promosi Makassar melalui newsmedia dan mengajak partisipasi masyarakat melalui karya tulisan budaya dan objek daya tarik daerah.Model klinik penulisan ini dalam bentuk story telling writing danstudent jurnalism.

Head of area Pamasuka Grup Bona L.P.Parapat menuturkan,Telkomsel sebagai partner strategis akan menyediakan fasilitas program yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya lewat newsmedia, apalagi mengingat perkembangan dunia informasi tekhnologi sangat maju dengan berbagai media internet. “Kami turut mendukung program ini,karena memberikan edukasi bagi pelajar dalam mengasah kemampuan menulis,selain itu program ini sejalan dengan TSC,”paparnya.

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menyambut positif program tersebut, karena akan membantu pemerintah melakukan promosi potensi daerah yang dimiliki,tidak hanya potensi wisata,tapi lainnya yang dapat menarik minat wisatawan ke tempat ini (Makassar). “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sejalan dengan program pemkot,yakni mempromosikan potensi yang dimiliki Makassar,diharapkan para duta mampu menjalankan tugasnya dengan baik,”harapnya.

Sementara itu,Ketua LPP Sulsel Hendra Nick Arthur menambahkan,program ini akan menjadi spirit pemberdaayaan siswa dan pelajar untuk menulis dan melakukan publikasi melalui buku maupun news media, secara tidak langsung akan memperkenalkan Makassar kepada dunia melalui tulisantulisan kreatif,serta objek daya tarik lewat lingkungan, melalui community base tourism.

Setelah peluncuran program yang dilakukan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Telkomsel dan LPP akan menjadi ikon baru bagi Kota Makassar dalam pemberdayaan program Gerakan Makassar Berkarya 2012 bagi dunia pendidikan dan kemajuan pariwisata. ● suwarny dammar